Pengenalan Visual Basic.Net


Visual Basic.Net

Tool yang sederhana dan powerful untuk menulis aplikasi yang berhubungan dengan database dan menghasilkan report (laporan) yang menarik. Pada masa pemrograman Windows, Visual Basic terkenal karena merupakan

Dalam mengakses database, Microsoft menyediakan teknologi-teknologi seperti Data Access Object (DAO), lalu di-upgrade menjadi Remote Data Object (RDO) untuk mengakses produk database client server seperti SQL, dan kemudian migrasi ke ActiveX Data Object (ADO) yang menggabungkan kedua teknologi sebelumnya. ADO menyediakan model objek yang fleksibel dan powerful.

ADO telah dikenal sebagai salah satu metode yang cukup baik untuk mengakses data di database. Pada masanya, ADO merupakan pilihan yang sangat tepat dalam membangun aplikasi database dari skala kecil sampai yang berskala besar. Sayangnya, ADO menuntut koneksi data yang dilakukan secara terus menerus sehingga mengakibatkan pemborosan sumber daya

Untuk mendukung pengaksesan dan pengolahan data yang lebih baik, .NET Framework memperkenalkan teknologi yang dikenal sebagai ADO.NET. Teknologi ini sudah diimplementasikan sejak .NET Framework versi 1.0, meskipun belum selengkap sekarang. Seiring perkembangannya, .NET Fremawork 2.0 menambahkan beberapa kemampuan yang menjadikan pemrograman database semakin mudah.

Programming .NET Windows applications

Fitur baru dari ADO.NET:

1. Cursor tidak bersifat server side

Pada ADO, kursor dapat melakukan tracking lokasi pointer baris pada result set dan mengijinkan update data secara langsung. Pada ADO.NET, kursor telah dihilangkan dan digantikan dengan model yang tidak terkoneksi.

2. DataSet dan DataReader menggantikan recordset

ADO.NET memperkenalkan DataSet, objek penyimpanan data akan menggantikan recordset ADO yang lebih terbatas. Dataset merupakan container sempurna untuk data relasional. DataSet mampu menyimpan lebih dari satu data tabel, mendukung relasi tabel, dan konstrain kolom, serta dapat melakukan track perubahan secara tidak kelihatan.

3. DataAdapter

Pada ADO, recordset biasanya selalu langsung terkoneksi dengan data source. Dalam ADO.NET, DataSet tidak secara langsung berhubungan dengan data source apapun. Tetapi kita harus menggunakan DataAdapter khusus untuk mengambil informasi dari database dan meletakkannya ke dalam DataSet. DataAdapter juga dapat digunakan untuk mengirimkan perubahan DataSet ke database ketika operasi terhadap DataSet sudah selesai.

4. Penyimpanan data yang berbasiskan XML

ADO.NET menggunakan XML untuk menyimpan data secara lokal di dalam file atau memindahkan data XML ke suatu komponen di komputer atau sistem operasi yang lain.

Contoh koneksi ke SQL server menggunakan visual basic.net 2008 dan crystal report ada banyak cara. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan ADO.Net.

SQLClient Connection String (SQL Server 2000 dengan menggunakan Windows Authentication)

Sintaks:

Data Source=<nama server atau ip address>; Initial Catalog=<nama database>; Integrated Security=True
Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk membuat koneksi tersebut Sediakan satu form seperti dibawah ini :

form1

Gambar : Form1 Desain

kemudian sorce code untuk koneksi Visual Basic.Net 2008 ke Sql Server 2008 seperti dibawah ini :

scourcdod

You can download this aplication…

Click download.1 Tutorial Pengantar Visual Basic.Net.pdf

Click download.2 Create Database with Visual.doc

Click download.3 Creating Database Snapshot and Reverting From A Database Snapshot on MS SQL Server 2008.pdf

Contoh koneksi SQL Server dengan menggunakan console aplication pada Visual Basic.Net…

untitled

Buat teman-teman selamat mencoba ya….!! 🙂

Data Source=localhost; Initial Catalog=Northwind; Integrated Security=True
Contoh:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s