Instalasi SQL Server 2008 Pada Virtual PC dengan Guest OS Windows Server 2003 Standard


Posting ini adalah sharing pengalaman bagaimana melakukan instalasi SQL Server 2008 pada Virtual PC dengan guest OS Windows Server 2003 Standard. Posting ini berisi walkthrough proses instalasi SQL Server 2008 dari mulai tidak ada sampai bisa digunakan oleh client components.

Versi Virtual PC yang digunakan adalah Virtual PC 2007 (6.0.192.0). SQL Server 2008 yang di-install adalah versi Developer edition 32 bit. Sedangkan Guest OS-nya Windows 2003 Standard Service Pack 2. Penggunaan Service Pack 2 adalah salah satu requirement yang harus dipenuhi untuk keberhasilan instalasi SQL Server 2008 di atas platform Windows Server 2003. Berikut ini langkah-langkahnya.

1) Jalankan setup.exe, Installer SQL Server 2008 akan menampilkan screen seperti dalam gambar berikut ini.

Di halaman pertama ini kita bisa me-review segalanya sebelum memulai proses instalasi. Jika tertarik, silakan klik link-link yang disediakan di situ. Selanjutnya klik langkah kedua yaitu Installation.

2) Dalam menu Installation tersedia berbagai macam pilihan. Perhatikan gambar berikut ini.

Kita akan melakukan instalasi stand-alone SQL Server 2008, oleh karena itu pilih aja link yang pertama yaitu New SQL Server stand-alone installation or add features to an existing installation.

3) Berikutnya installer akan melakukan instalasi support files. Tunggu saja sampai selesai.

4) Setelah konfirmasi License Key dan License Terms, kita akan disuguhkan pilihan terhadap fitur-fitur yang hendak kita instal. Sama dengan SQL Server 2005, SQL Server 2008 juga menyediakan fitur-fitur Business Intelligence selain fitur utama berupa Database Engine. Berikan tanda centang pada fitur-fitur yang hendak kita instal.

5) Berikutnya adalah instance configuration. Kita bisa memilih default instance atau named instance. Jika kita berencana untuk mempunyai lebih dari satu SQL Server instance dalam server yang sama, pilih named instance dan berikan nama instance sesuai kehendak kita.

6) Berikutnya adalah Disk space requirements. Isinya hanya informasi saja yang memberitahu kita requirements hard disk dan ketersediaannya.

7) Server Configuration memberikan kesempatan kepada kita untuk melakukan konfigurasi account-account yang akan menjalankan service-service yang diperlukan oleh SQL Server 2008. Jika SQL Server 2008 Anda hendak diakses dalam network, sebaiknya pilih account yang privilege-nya sesuai dengan kebutuhan. Di tab Collation kita bisa memilih collation untuk Database Engine dan Analysis Service.

8) Langkah berikutnya adalah menentukan Account Provisioning, Data Directories, dan File Stream untuk Database Engine. Yang terakhir ini adalah option baru yang belum ada di SQL Server versi sebelumnya. Dalam gambar berikut ini saya menggunakan Mixed mode untuk Account Provisioning. Perhatikan bahwa kita bisa memilih beberapa Windows account yang hendak dijadikan SQL Server Administrators.

Data Directories dan File Stream saya biarkan menggunakan nilai default.

9) Langkah berikutnya adalah menentukan hal yang sama pada langkah 8 untuk Analysis Services. Gambar berikut ini menggunakan konfigurasi yang sama dengan langkah 8.

10) Berikutnya adalah Reporting Services Configuration. Terdapat tiga pilihan dalam langkah ini. Pilih yang pertama jika kita hendak memilih konfigurasi default dan belum ada niat untuk melakukan integrasi dengan SharePoint. Jika SharePoint sudah terinstal dan kita menginginkan integrasi, pilih yang yang kedua. Pilihan ketiga tersedia apabila kita tidak ingin melakukan konfigurasi Reporting Services sekarang.

11) Berikutnya Error and Usage Reporting, skip saja.

12) Langkah berikutnya adalah Installation Rules. Di situ akan ditentukan apakah dalam proses instalasi ada kemungkinan blocking. Jika tidak, berarti proses instalasi bisa dilanjutkan.

13) Jika sudah sampai pada langkah Reade to Install, berarti tinggal klik tombol Install saja. Selanjutnya proses instalasi dimulai dan tinggal menunggu sampai selesai.

14) OK, jika sudah sukses screen berikut ini akan tampil.

15) Nah, sekarang SQL Server 2008 sudah bisa digunakan dari client components. Buka SSMS 2008 lalu login sebagai Administrator. Jika sukses, screen berikut ini akan tampil.

Sebagai kesimpulan, dalam posting ini sudah saya paparkan walkthrough bagaimana melakukan instalasi SQL Server 2008 pada Virtual PC dengan guest OS Windows Server 2003 Standard. Semoga posting ini bermanfaat bagi Anda yang hendak mencoba melakukan instalasi SQL Server 2008 pada platform yang sama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s