Dapatkah Dynamics Ax membaca data yang dimasukkan lewat Database secara langsung ?


Pertanyaan itu sering diajukan ke beberapa teknikal dan semua menjawabnya “emang bisa ?”

Jawabannya : ya masih bisa dibaca oleh Ax selama apa yang dimasukkan itu memenuhi standar Ax, namun siapa yg bisa menjamin apakah data yang dimasukkan itu akan sesuai dengan standar Ax ? karena kita harus sudah mengetahui secara detail fungsi per field maupun relation antar table untuk menjamin bahwa apakah yg kita masukkan itu sudah sesuai dengan standar Ax.

Untuk memecahkan masalah tersebut, maka ada solusi yang bisa kita ambil, solusi ini pernah saya implementasikan di beberapa company (red. user) dan berhasil, yaitu dengan membuat table-table temporary lalu kemudian untuk memasukkan ke table-table transaksi standar Ax itu dengan cara menggunakan function-function atau method-method yang memang biasa dipakai untuk pembuatan data transaksi.

Yang pernah saya implementasikan yaitu pembuatan Sales Order di sebuah system kecil di luar Ax, lalu kemudian data sales order ini dimasukkan ke dalam system Ax melalui sinkronisasi antar Database dimana record-record yang dimasukkan sudah barang tentu tidak ada RecId-nya, namun Ax masih tetap bisa membacanya (selama yang membaca record tersebut bukan form-form transaksi standar Ax) tapi merupakan table-table temporary, lalu kemudian saya masukkan data sales order tersebut dengan menggunakan method-method standar Ax untuk pembuatan Sales Order.

Demikian secuil knowledge yang bisa saya sharing. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s